Sisi Lain Stasiun Jagalan dan Revitalisasi




Kantor Staiun Jagalan yang berubah menjadi warung makanan (Foto pribadi).
Stasiun jagalan mungkin bagi warga Kota Malang saat ini tidak akan tahu dimana tempatnya. Stasiun yang dulu merupakan pusat transportasi di Kota malang seakan terlupakan. Hanya sisa sisa rel dan bangunan stasiun yang menandakan adanya stasiun, yang pada saat dulu sangat ramai ini.

Trem yang melintasi kawasan alun - alun kota malang dan berhenti di Stasiun Jagalan, Malang  (sumber : anak-negeri.blogspot.com
Stasiun Jagalan pada jaman dahulu merupakan stasiun transit dari berbagai trem yang melintasi malang raya, seperti trem bululawang - gondanglegi ,turen , dampit, pakis saji, tumpang, mergan hingga kebon agung. Disini berbagai hasil pertanian dan perkebunan dikirim ke malang. Selain itu stasiun berfungsi sebagai transit penumpang yang akan berpindah tujuan trem maupun oplet dan bemo yang saat itu beroperasi melayani para penumpang. Stasiun ini juga merupakan pusat transportasi waktu itu, ditandai dengan pusat terminal waktu itu yang berupa pangkalan bemo dan oplet. 



Percabangan dari depo pertamina ke stasiun kota lama. (sumber :foto pribadi)
Walaupun trem telah dihapus dalam transportasi di daerah malang tetapi fungsi Stasiun Jagalan masih terjaga. Saat ini stasiun jagalan digunakan sebagai stasiun transit  kereta bahan bakar minyak dari Stasiun Kota Malang menuju Depo Pertamina Malang di jalan Halmahera. Sehingga fungsi rel masih dijaga dan dirawat sayangnya rel dulu yang memiliki banyak jalur sedikit demi sedikit hilang tergusur rumah dan gubuk – gubuk liar yang ada sekitar stasiun.

Perumahan liar di sepanjang stasiun jagalan. (Sumber : foto Pribadi)
Sebagian besar lahan dan bekas kantor stasiun telah berubah menjadi perumahan liar. Sehingga stasiun yang dulu memiliki 4 jalur rel sekarang hanya menyisakan 1 rel. Masalah penyerobotan lahan KA ini merupakan masalah yang jamak terjadi di sebagian besar lahan KA yang tidak terpakai. Seolah PT KAI tidak berdaya dalam melindngi asset yang dimilikinya.

Revitalisasi Stasiun Jagalan Sebagai Stasiun Logistik

 
Salah satu contoh Stasiun logistik di stasiun Kampung Brandan , Jakarta. (Sumber : http://simomot.com)
Stasiun Jagalan yang dekat dengan pasar besar malang memiliki potensi yang besar sebagai stasiun logistik tidak hanya sebagai logistik bahan bakar seperti sekarang. Potensi ini cukup besar mengingat Kota Malang tidak memiliki stasiun logistik. Berbagai bahan makanan seperti beras, gula, tepung , kargo minuman bahkan semen dapat ditampung di stasiun ini. Tentunya perlu pembenahan yang cukup luar biasa. Terutama di sepanjang Jalan Halmahera yang dikuasai oleh PKL. Selain pembenahan di jalan halmahera, perumahan KAI di kelurahan sukoharjo dapat difungsikan sebagai gudang maupun bongkar muat logistik. Terlebih lagi perumahan dan gudang itu merupakan aset dan lahan milik PT KAI sehingga tidak sulit untuk menggunakan lahan tersebut.

Aset PT KAI di Jalan Irian yang dimanfaatkan sebagai pasar barang bekas dan janur serta buah kelapa. (sumber : foto pribadi)
Tentunya bagi warga perumahan KAI agar diberikan pemindahan yang layak dan para PKL di jalan Halmahera diberikan tempat untuk berjualan yang layak. Salah satu pasar yang dapat dipakai yaitu Pasar Comboran.Ppasar yang sudah dibangun ini sayangnya mangkrak tidak terurus. Hanya lantai dasar yang berfungsi sebagai tempat berjualan, sedangkan lantai di atasnya seperti tidak terurus. Kotor, Kumuh dan sepi pengunjung mungkin gambaran paling mudah di lantai pasar ini. Selain itu lantai atas disinyalir juga digunakan sebagai perjudian dan lokasi prostitusi. Oeh karena itu dengan menempatkan para PKL di pasar comboran akan mencegah penyalahgunaan pasar. Selain itu dapat mengurangi kemacetan yang berada di sekitar jalan irian karena digunakannya sebagian jalan dan trotoar untuk berdagang dan menyimpan barang PKL

Selain itu di Sekitar Jalan Halmahera juga terdapat pasar buah. Konsep pasar tematik ini sangat menarik karena hanya memfokuskan hanya pada satu produk. Sebaiknya pasar buah dicarikan tempat dan lahan yang tertata seperti pasar buku di jalan Wilis. Sehingga tidak menggangu pejalan dan pengendara di jalan raya. Sayangnya pemerintah seolah tidak peduli dan memfasilitasi berbagai pasar tematik. Pasar Burung dan Bunga seperti bernasib sama tidak terurus. Penempatan pasar yang mengkhususkan salah satu produk merupakan ide yang baik, sehingga dapat menarik pengunjung

Salah satu lahan PT KAI yang dimanfaatkan sebagai rumah dan gudang. sumber : foto pribadi

Rancangan hotel dan mal M-Square di lahan Stasiun Kota lama Malang. (sumber :www.condotelmalang.com)
Sedangkan warga perumahan pekerja PT. KAI dapat dibangun rusun terutama bagi pekerja yang masih aktif. Sedangkan bagi para pensiunan dapat dibangun rusunami yang murah cicilannya. Beberapa lahan PT KAI dapat dijadikan tempat , seperti di daerah Stasiun Kota Lama Malang yang saat ini dijadikan pusat perbelanjaan. Padahal lahan ini dapat dijadikan Rusun dan Rusunami bagi pekerja dan pensiunan PT. KAI yang ada di lahan PT KAI. Penggunaan lahan KAI sebagai kegiatan komersil sangat disayangkan menggingat banyak pekerja KAI yang belum memiliki rumah dan masih mengontrak. Malah pihak KAI mementingkan pembangun hotel dan mal di depan lahan Stasiun Kotalama. Seharusnya sisi komersial dapat dipingirkan untuk membangun perumahan / rumah susun bagi pekerja KAI yang telah pensiun atau masih berdinas.

Salah satu contoh stasiun logistik Gedebage , Bandung (sumber :http://kalogpalembang.blogspot.com)
Perubahan dan revitalisasi Stasiun Jagalan ini dapat mengurangi biaya logistik dan dapat memecah kepadatan Stasiun Malang yang saat ini penuh sesak dengan penumpang kereta. Sehingga diharapkan Kota Malang memiliki pusat logistik yang langsung terhubung dengan kereta api dan dekat dengan Pasar. Mengingat berbagai kota besar memiliki stasiun kereta api logistik sendiri seperti Stasiun Gedebage (Bandung) maupun Stasiun Cikarang (Jabotabek) yang berbeda dengan Stasiun penumpang. Dengan letak yang strategis berada di dekat pasar besar dan pusat pertokoan Stasiun Jagalan dapat memberikan alternative logistik yang saat ini masih mengandalkan truk untuk mensuplai barang di pasar besar dan toko disekitarnya.

Note : ini merupakan murni opini penulis sebagai warga Jagalan, Malang melihat tidak terurusnya Stasiun Jagalan yang jaman dahulu sangat penting bagi warga Kota Malang.

Stasiun Jagalan, Kota Malang pada jama dulu (sumber :http://endiartowijaya.blogdetik.com/2011/01/02/1-januari-1911/)

Komentar

Postingan Populer